Kamis, 27 November 2008

TULISAN BU NUR

Seandainya Sekolahku Menjadi …
Oleh : Siti Nurjanah

Seandainya… setiap hari tempat yang kudatangi adalah sebuah bangunan yang sangat nyaman dengan ornament-ornamen yang bernuansa Islami yang senantiasa menjadi penyejuk mata, ditambah lagi hiasan-hiasan dinding yang yang berisi kalimat-kalimat penyejuk hati seperti hadits dan penggalan-penggalan ayat-ayat Allah. Dan semua itu nampak terlihat rapi…, bersih…., dan indah. Tak lupa sarana-sarana penunjang yang menjadi fasilitas untuk perkembangan siswa didiknya serta guru dan karyawan yang bergabung di SDIT IMPIAN… begitu saya menyebutnya.
Seandainya… setiap hari terjadi diskusi-diskusi produktif baik dikalangan siswa dengan siswa, siswa dengan guru, guru dengan guru, dan bahkan ini dilakukan oleh seluruh civitas SDIT IMPIAN. Senyuman manis nan ikhlas yang selalu menghiasi wajah-wajah kami, serta kata-kata bermakna pula yang menjadi dakwah kami di SDIT IMPIAN. Persaudaraan yang hangat dan tulus, semangat yang tinggi yang dimiliki oleh siswa, guru, dan juga seluruh komponen dalam sekolah tersebut dari jajaran yang paling atas hingga yang paling bawah.
Seandainya… perjuangan hidup selalu dimiliki oleh setiap orang dengan frekuensi yang merata… pantang menyerah, bekerja maksimal dengan penuh keikhlasan. Namun demikian, tetap di SDIT IMPIAN selalu dibiasakan untuk memuji, mengeksistensikan apa-apa yang dilakukan dengan memberikan apresiasi yang positif, sehingga muncul Rasa Percaya Diri dalam diri setiap warga civitas SDIT IMPIAN.
Seandainya… Siswa-siswi kami memiliki semangat yang luar biasa seperti dalam LASKAR PELANGI. Pantang menyerah, menerima keadaan dan tetap berupaya secara maksimal. Sikap dan prilaku yang sholeh, senantiasa berjalan, bertutur kata lembut, saling menolong dan perbuatan-perbuatan terpuji lainya.
Seandainya… siswa-siswi kami, terasah seluruh bakatnya, sehingga memperoleh prestasi-prestasi gemilang disetiap kemampuan siswa. Keberhasilan siswa, harus diimbangi dengan kemampuan guru yang HEBAT pula. Untuk memperoleh itu, pembekalan-pembekalan guru dan karyawan baik secara kebutuhan ruhiyah dan juga fikriyah senantiasa dilakukan secara berkala di SDIT IMPIAN…
Waallahua’lam bishowab.

ANALISA SWOT SDIT DARUL ABIDIN

NO S W O T
• Memiliki nama dan eksistensi
• Sukses dalam UAN
• Fasilitas
• Letaknya strategis
• Guru berpengalaman
• Banyak ekskul
• Banyak SDIT
• Mahal
• Penanganan ‘anak khusus’ belum berhasil dengan baik.
• Kesadaran masyarakat ttg kebutuhan sekolah bernuansa islam.
• Banyak masyarakat sekitar yg perekonomianya bagus
• Program beasiswa
• Pertukaran pelajar
• Training guru & kary


By, Siti Nurjanah


SUDAHKAN ANDA TAHU ???

Wadah plastik tentu banyak disukai kalangan masyarakat. Dengan beberapa alasan seperti, ringan dibawa, warna menarik, tidak mudah pecah sampai dengan harga yang murah. Namun, sudahkah kita mengetahui seluk-beluk tentang benda plastik tersebut???
Plastik adalah terbuat dari biji plastik yang mudah di daur ulang. Proses daur ulang ini memiliki beberapa tingkatan mutu dari pemanfaatanya. Terutama produk-produk plastik yang digunakan sebagai wadah makanan haruslah aman. Apakah yang dimaksud dengan aman???
Karena pengolahan daur ulang plasik adalah dengan proses penguraian secara pemanasan, maka hal ini yang harus diperhatikan saat pemanfaatanya. Jangan sampai produk plastik yang kita gunakan sebagai wadah, justru menjadi sumber penyakit di tubuh kita bahkan keluarga kita. Karena wadah plastik TERTENTU tidak layak digunakan sebagai wadah makanan, apalagi yang masih panas. Karena biji plastic dapat terurai atau bercampur dengan makanan panas di dalamnya.
Pengkodean wadah plastik bertujuan untuk klasifikasi pada saat proses daur ulang plastik. Agar wadah-wadah plastik yang telah rusak atau sampah plastik, dapat diolah kembali untuk bisa dimanfaatkannya. Namun, adapula wadah plastik yang tidak diberi symbol, karena berbagai alas an yaitu perusahaan tersebut yang belum terstandarisasi atau memang PRODUK UNGGULAN BERSTANDARKAN WADAH MAKANAN, FOOD GRADE.
Berikut ini simbol-simbol plastic, bahan dasar dan resikonya :

• Angka 1 dari bahan PET (direkomendasikan hanya untuk sekali pakai)
• Angka 2 dari bahan HDPE (direkomendasikan hanya untuk sekali pakai)
• Angka 3 dari bahan PVC (sering digunakan untuk bahan cling wrap, makanan dari supermarket, wadah susah didaur ulang, bahan kimianya bisa bocor jika digunakan dari makanan berminyak yang dipanaskan. Hendaklah segera dibuka, cucu, pindahkan ke wadah lain. Berbahaya untuk penyakit hati dan ginjal.
• Angka 4 dari bahan LDPE (layak untuk makanan)
• Angka 5 dari bahan PE (bahan terbaik)
Namun, bahan-bahan FOOD GRADE tetap lebih baik dan aman untuk digunakan, karena tidak mengandung logam berat, pengawet, dan pewarna, sehingga lebih higienis apalagi jika wadah tersebut memiliki ANTI BAKTERI.
• Angka 6 dari bahan PS (contoh : Styrofoam, tidak layak untuk makanan, karena styrene bisa bocor ke makanan jika bersentuhan langsung. AS dan Cina sudah melarang penggunaanya karena berbahaya untuk OTAK dan SISTEM SYARAF.
• Angka 7 dari bahan Policarbonate ( bispenol A keluar jika dipanaskan, tapi aman untuk makanan kering. Kelayakannya harus bersertifikat terlebih dahulu.




Pengetahuan pribadi menurut beberapa sumber bacaan dan media TV
Dituliskan kembali oleh SITI NURJANAH.



MEMASAK LEZAT, PENYAJIAN CANTIK DAN TETAP SEHAT.

Makan merupakan aktivitas rutin kita, karena segala aktivitas sehari-hari tergantung dari suplai makanan yang kita konsumsi. Terkadang kita terkecoh dengan makanan lezat tetapi tidak sehat, atau makanan sehat tetapi tidak menarik, atau makanan yang sehat, menarik tetapi tidak lezat.
Berikut beberapa TIPS memasak dari proses yang paling awal :

1. Pilihlah makanan, buah atau sayuran yang masih segar.
2. Cucilah maknanan. Sayur atau buah sebelum diolah atau sebelum disimpan di lemari pendingin. Tujuanya agar pada proses penyimpanan sudah bersih dan tidak ada bakteri alam ataupun pestisida.
3. Setelah dicuci, kupas dan potong-potong baru kemudian dimasak.
4. Masaklah hingga cukup matang jika berupa daging, ikan atau telur.
Untuk sayuran, hendaklah dimasak secukupnya, tidak sampai kematangan.
5. Makanan yang telah matang sebaiknya langsung disantap, jadi masaklah secukupnya.
6. Hindari masakkan hari kemarin, karena lebih berpotensi untuk penyakit gula.


SELAMAT HIDUP NIKMAT DAN SEHAT …

By, Nurjanah

1 komentar:

Bundanya ZnZ mengatakan...

wah kalau bu nur ini tidak jauh-jauh deh dari makanan yang lezat-lezat.jadi teringat buburnya yang enak deh...
terus menulis ya bu...karena yang ibu tulis hari ini pasti menginspirasi banyak orang.
tetap semangat teman !!!